AL - KHAWARIZMI




    helo, fren!!
      kali ini kita saya akan ngebahas tentang seorang tokoh muslim yang berjasa dalam bidang matematika yaitu AL-KHAWARIZMI

 ABU ABDULLAH MUHAMMAD IBN MUSA AL-KHAWARIZMI dilahirkan di khawarizmi (kheva).
sebuah kota di selatan sungai oxus (sekarang UZBEKISTAN) pada tahun 770. tanggal kelahirannya tidak diketahui secara pasti. orang tuanya berpindah ke selatan baghdad saat ia masih kecil. dalam literatur barat AL-KHAWARIZMI dikenal dengan nama ALGORISM. AL-KHAWARIZMI adalah salah satu ahli matematika dalam sejarah. ia adalah peletak beberapa cabang dasar konsep matematika. ia juga dikenal sebagai ahli di bidang astronomi, dan geografi. ia adalah orang yang paling berpengaruh di bidang matematika pada abad pertengahan. teori yang terkenal karya AL-KHAWARIZMI adalah aljabar. nama aljabar diambil dari nama karyanya yang terkenal yaitu AL-JABR WA AL-MUQABALA. ia mengembangkan pula teori trigonometri yang memuat fungsi sinus, kosinus, dan kotangen serta konsep diffrensiasi dari pengenbanhan kalkulus.
ia menyatukan pemikiran hindu dan yunani dan juga dalam hasil pemkirannya sendiri dalam ilmu pengetahuan. ia mengadopsi angka 0 (nol), sebuah angka yang sangat penting dalam aritmetika dan sistem desimal. sumbangannya dalam sistem angka dikenal sebagai ALGORITMA (ALGORITHM/ALGORIZM). penamaannya diambil dari nama belakangnya. untuk mengenalkan angka arab, ia mengembangkan beberapa prosedur aritmetika, diantaranya operasi dan pecahan.
dalam bidang astronomi ia menyumbangkan tabel astronomi. beberapa bukunya telah diterjemahkan ke dalam bahasa latin pada abad ke-12 oleh adelard of bath dan gerard of ceremona.buku-buku karya al-khawarizmi di bidang seperti AL-JAM'A WAL-TAFREEQ BIL HISAB AL-HINDI tentang aritmetika, dan AL-MAQALA FI HISAB AL-JABR WAL-MUQABALA tentang aljabar, hanya dikenal dari terjemahan bahasa latinnya. terjemahan inilah yang menjadi ilmu pengetahuan baru di kalangan barat. buku ini dipakai hingga abad ke-16 sebagai buku pegangan prinsip matematika di universtas-universitas eropa. tabel-tabel astronominya juga diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa eropa, dan kemudian bahasa cina.
kontribusinya di bidang geografi adalah merevisi pandangan ptolemaios tentang geografi secara detail. 70 ahli geografi d bawah kepemimpinan al-khawarizmi membuat peta pertama bola dunia pada tahun 830 C. E. ia juga melakukan perhitungan derajat bersama khalifah ma'mun al-rashid, yang bertujuan memperkirakan volume dan panjang keliling bumi. buku geografinya ernama SURATAL-ARD, termasuk peta-petanya juga diterjemahkan.kontribusi lainnya termasuk karya asli yang berhubungan dengan waktu, jam matahari (sundial), dan astrolabe. ia juga menulis kitab AL-TARIKH dan kitab AR-RUKHAMA, tentang jam matahari.
sumber : buku AL-KHAWARIZMI (ALGORISM) matematikawan ulung pertama (KOMIK TOKOH MUSLIM DUNIA), 2006, jakarta,  penerbit GEMA INSANI.    

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.