5 Startup Teknologi dengan Harga Selangit


helo fren!! kali ini kita akan ngebahas tentang 5 startup teknologi dengan harga selangit, ini dia!!


1. facebook-instagram

Pada April 2012, situs jejaring sosial terpopuler dunia, Facebook, membeli Instagram. Aplikasi populer untuk berbagi foto itu dibeli seharga USD 1 miliar atau setara dengan Rp 9,1 triliun lebih.

Jumlah pembelian tersebut adalah akuisisi terbesar yang pernah dilakukan Facebook hingga saat itu. Langkah pembelian agaknya dilakukan Facebook untuk mencegah Instagram jatuh ke tangan rival beratnya seperti Twitter dan Google.

"Saya yakin Google juga tertarik. Instagram akan menjadi aset dengan pengaruh tinggi bagi siapapun yang ingin berkompetisi dengan Facebook," tukas Lou Kerner, pendiri Social Internet Fund.

Instagram memungkinkan user menambahkan fiilter dan efek di foto yang diambil menggunakan smartphone iPhone dan Android, kemudian membagikannya kepada teman-temannya.


2. yahoo-tumblr


Yahoo akhirnya menuntaskan semua berita tentang ketertarikannya membeli layanan blogging Tumblr. Secara resmi, CEO Marissa Mayer mengumumkan telah mencapai kata sepakat dengan perusahaan startup tersebut.

Dalam sebuah acara di New York, pada 21 April 2014, Yahoo akan membayar secara tunai sebesar USD 1,1 miliar agar Tumblr menjadi bagian dari Yahoo.

Kendati sudah dibeli perusahaan raksasa, Mayer menjanjikan bahwa dia tidak akan 'mengacaukan' Tumblr dan tetap akan membuat layanan ini beroperasi secara independen. David Karp (26 tahun), sang pendiri Tumblr tetap akan mejadi CEO.

Kesepakatan itu merupakan yang terbesar yang dibuat oleh Mayer sejak dia mengambil alih Yahoo pada bulan Juli lalu, dan ia mengatakan akuisisi ini sebagai kesempatan unik.

"Pada banyak tingkatan, Tumblr dan Yahoo seperti layanan yang tak jauh berbeda, tapi saya bisa katakan bahwa keduanya akan saling melengkapi," ujar Mayer.


3. youtube-google


Google memutuskan untuk membeli YouTube pada tahun 2006. Nilai akuisisi waktu itu senilai USD 1,65 miliar.

YouTube terus menjadi website berbagi video terpopuler di dunia. Dan akhirnya menjadi sumber pendapatan yang penting bagi Google.

Google dilaporkan meraih pendapatan sekitar USD 1 miliar per tahun dari YouTube. Antara lain dari pemasukan iklan yang tayang sebelum video diputar pengguna.


4. microsoft-skype


Microsoft menuntaskan pembeliannya terhadap layanan komunikasi berbasis internet, Skype. Jumlahnya pun lumayan besar, USD 8.5 miliar.

Selama 8 tahun terakhir ini, Skype telah menjadi penyedia VoIP terbesar namun ia diketahui kesulitan meraup keuntungan. Pembeli sebelumnya, yakni eBay akhinya gagal membuat layanan Skype menghasilkan uang di bisnis mereka.

Dengan akusisi yang telah diumumkan Microsoft pada 10 Mei 2013, raksasa software ini akan melakukan peningkatan pada kualitas panggilan berbasis data, terutama di kalangan pebisnis.


5. facebook-whatsapp


Ini yang paling gres. Facebook kembali melakukan langkah akuisisi mengejutkan. Setelah sebelumnya mencaplok Instagram, kini raksasa jejaring sosial itu membeli WhatsApp senilai USD 19 miliar atau sekitar Rp 209 triliun .

Angka USD 19 miliar itu tentu saja tidak semuanya dalam bentuk cash. Melainkan terdiri dari USD 12 miliar dalam bentuk saham Facebook, USD 4 miliar cash, serta tambahan USD 3 miliar berupa saham terbatas yang diberikan untuk pendiri WhatsApp dan sejumlah karyawannya.

WhatsApp, si aplikasi pengirim pesan lintas platform, saat ini melayani 450 juta pengguna setiap bulannya. Di mana sekitar 70% di antaranya termasuk dalam pengguna aktif.

Jika dihitung per hari, dilaporkan ada lebih dari 1 juta pendaftar baru di layanan WhatsApp.

Meski sudah diakuisisi, Facebook berjanji, WhatsApp bakal tetap beroperasi secara independen dan menggunakan brand yang sudah dirintisnya.

sumber : http://inet.detik.com/read/2014/02/20/152135/2503621/319/5-startup-teknologi-dengan-harga-selangit dengan sedikit pengubahan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.